BAWA BELANJA BERAT, AKIBATNYA "SARAF KECEPIT"



Suatu ketika saya melihat seorang muda yang berjalan tak tegap, sambil memegang dibawah punggunya kesakitan.  Ada lagi yang masih muda, juga tak tegap jalannya, sambil menyeringai kesakitan.

Buat saya saat itu sangat tidak masuk akal seorang anak muda dapat menderita kesakitan otot atau syarafnya.  Menurut saya, mereka masih mempunyai otot maupun syarat yang masih kuat, sehat dan kokoh. Tak mungkin, terjadi kelainan atau cedera otot atau syaraf.

Googling apa dan apa penyebab "saraf kecepit"



Pengertian Syaraf Terjepit 


Syaraf terjepit di sebabkan oleh terserangnya tulang belakang,ke arah kiri atau kanan dan akan langsung menekan syaraf paravertebal.Hal ini menyebabkan rasa nyeri yang hebat karena tulang belakang yang bergeser ini akan menekan jaringan syaraf pusat.Umum nya terjadi karena tarauma atau benturan.Syaraf urat terjepit lainnya di sebabkan oleh keluarnya nuclus pulpousu dari discus melalui robekan annulus fibrosus keluar menekan medullas pinalis atau mengarah ke dorsolateral menekan saraf spinalis sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat.Orang sering menyebutnya Hernia Nucleus Pulposus (HNP).Tulang punggung merupakan sederetan sederetan ruang tulang yang di hubungkan oleh suatu bantuan berfungsi sebagai peredam getaran dan memungkinkan tulang belakang dapat bergerak lentur.Bantalan tulang belakang (disc) berisi inti yang di sebut dengan nuclesus.Karena suatu sebab nucleus pulposus keluar merobek annulus fibrosus dan menekan syaraf menimbulkan rasa yang hebat.

Penyebab

Penyebab saraf terjepit bisa bermacam-macam, tapi penyebab paling umum adalah cedera, postur tubuh yang buruk, osteoartritis, stres dari pekerjaan yang berulang, kegiatan olahraga dan juga obesitas.Jika saraf yang terjepit terjadi dalam waktu singkat, biasanya tidak akan menimbulkan kerusakan permanen dan saraf bisa berfungsi secara normal. Tapi jika tekanan terus terjadi, dapat menimbulkan sakit kronis dan kerusakan saraf permanen.
Perawatan yang paling sering direkomendasikan adalah istirahat total atau menghentikan semua kegiatan yang dapat memperburuk tekanan di saraf. Namun hal ini tergantung dari lokasi saraf terjepit, pada lokasi tertentu kadang membutuhkan bantuan penyangga.

Minggu yang lalu, setelah belanja dari supermarket.  Saya pulang naik angkot.  Dengan belanjaan yang cukup berat, masing-masing tangan membawa belanjaan.  Rupanya saya masih ingin mampir ke tempat JNE untuk mengirimkan paket.  Dari tempat saya berhenti angkot ke tempat JNE, jaraknya sekitar 600 meter.  Rupanya bawaan yang berat sudah mulai terasa sangat melelahkan.   Masih dengan ingin keiinginan melanjutkan perjalanan pulang ke rumah dengan bawaan beratnya, saya tidak sadar adanya bahaya yang mengancam.

Sore hari, setelah mandi, terasa nyeri yang sangat dari bawah punggung.  Begitu dari duduk akan berdiri, rasa nyeri yang sangat menderita.   Rasanya benar-benar menderita. Hari Jumat ketika saya hadiri di pertemuan dengan ibu-ibu untuk suatu pertemuan spiritual.  Saya diberikan obat yang berisi Aclonac, Voltaren dan minyak Gandapura.  Begitu digosokan maka rasanya kelegaan dan kesakitan tidak lagi terasa.

Sepulangnya dari pertemuan, saya langsung ke apotik untuk membeli obat di apotik. Ternyata apoteker nya tidak ada. Sehingga saya tak bisa membeli racikan dengan kombinasi Aclonac,Voltaren dan gandapura. Saya harus membeli ketiga obat itu.

Setelah berlangsung tiga hari, lebih enak dan dapat berjalan lebih baik.

Didukung dengan senam untuk peregangan, maka rasa nyaman itu lebih baik lagi:





Tips: Jangan membawa barang-barang yang berat dengan tangan, gunakan trolly . Gerakan untuk mengambil barang yang berat harus diperhatikan. Sekali kita salah dalam gerakan, maka akan terjadi saraf kecepit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...